BMKG: Jakarta Utara-Timur dan Selatan Berpotensi Turun Hujan Ringan Pada Senin Petang

Ilustrasi: Hujan lebat
Ilustrasi: Hujan lebat

Gemapos.ID (Jakarta) - Sebagian Jakarta Utara serta sejumlah kota lainnya di Provinsi DKI Jakarta seperti Jakarta Timur dan Jakarta Selatan ada potensi mengalami hujan ringan pada Senin petang.

Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diunggah pada akun media sosial Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, @BPBDJakarta, Senin, hujan dapat terjadi di tiga kota itu dengan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Oleh karena itu, BPBD Provinsi DKI Jakarta mengimbau warga Jakarta agar bersiap dengan perubahan cuaca petang nanti, dengan menyarankan membawa mantel dan payung pada waktu bepergian di luar rumah antara pukul 13.00 - 16.00 WIB.

Adapun kecamatan di Jakarta Utara yang berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan ialah Cilincing. Sedangkan cuaca di Koja, Kelapa Gading, Tanjung Priok, Pademangan, dan Penjaringan hanya berpotensi berawan pada waktu tersebut.

BMKG memprakirakan suhu di Jakarta Utara berkisar antara 25-29 derajat celsius dan kelembaban udara 75-90 persen. Sedangkan angin bertolak dari barat daya menuju barat laut dengan kecepatan 5 hingga 15 knot.

Prakiraan cuaca di perairan Kepulauan Seribu berpotensi hujan ringan, meski tak berdampak pada cuaca di daratan Kepulauan Seribu, yang pada siang hingga petang nanti diprakirakan cenderung berawan.

Jarak pandang (visibilitas) di wilayah pelabuhan yang berada di Jakarta Utara adalah lima kilometer dan ketinggian gelombang di perairan antara 0,1 hingga 0,5 meter.

Sementara itu di Jakarta Barat juga terdapat wilayah yang diprakirakan oleh BMKG akan berpotensi turun hujan pada Senin, yaitu Cengkareng, Kalideres dan Kembangan (antara pukul 13.00-16.00 WIB) serta Kebon Jeruk (pukul 13.00 saja).

Semua data tersebut dihimpun dari laman BMKG pada Senin. Suhu udara di Jakarta Barat antara 24-31 derajat celsius dan kelembaban 70-90 persen.

Di Jakarta Timur, semua kecamatannya berpotensi hujan antara pukul 13.00 - 16.00 WIB, kecuali Pulo Gadung dan Matraman. Suhu udara di Jakarta Timur antara 24-30 derajat celsius dan kelembaban udaranya berkisar 70-90 persen.

Di Jakarta Selatan, hanya Kecamatan Setia Budi yang tidak berpotensi hujan pada Senin. Suhu udara berkisar 24-30 derajat celsius dan kelembaban udara antara 70-90 persen.(pa)