Dilantik Jadi Menpora, Berikut Sumber Kekayaan Dito Ariotedjo

Berikut Sumber Kekayaan Dito Ariotedjo (ist)
Berikut Sumber Kekayaan Dito Ariotedjo (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) Dito Ariotedjo (32) terpilih menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Senin (03/04/2023).

Lelaki bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo ini akan menggantikan Zainudin Amali yang mundur dari kursi Menpora.

Dito Ariotedjo merupakan salah satu nama yang diusulkan Ketum Golkar Airlangga Hartarto ke Presiden Jokowi.

Hal itu diungkap oleh Politikus Partai Golkar Muhamad Fauzi yang menyebut ada 3 nama disetor ke Jokowi. Selain Dito Ariotedjo, nama yang diusulkan ialah Ilham Permana dan Putri Komarudin.

Dengan terpilihnya lelaki berusia 32 tahun tersebut, Dito Ariotedjo akan menjadi menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju. Karena itu, tak sedikit yang penasaran dengan sosoknya, siapa Dito Ariotedjo?Lelaki satu orang anak ini merupakan seorang aktivis sosial politik Indonesia kelahiran Jakarta, 25 September 1990. Dia juga lahir dari pasangan Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo.

Meski masih muda, Dito Ariotedjo memiliki begitu banyak pengalaman, baik di dunia politik maupun bisnis. Hal ini tak lepas dari sosok sukses sang ayah yang pernah menjabat Direktur Utama PT Aneka Tambang Tbk atau Antam pada 2017 hingga 2019.

Berikut sumber kekayaan Dito Ariotedjo

1. Memiliki Perusahaan

Berbagai jenis usaha pernah dirintis adik kandung dokter Mesty Ariotedjo satu ini. Pada 2010 ia memulainya dari usaha bidang energi, pertahanan, coworking space, dan start-up yang tergabung dalam sebuah induk perusahaan bernama Grupara Ventures . Di samping itu, ia juga menjadi Komisaris Utama di sejumlah perusahaan, yaitu PT. Kartika Kara Eka Nusa serta Syailendra Pangan Indonesia.

2. Membentuk Rans Sport

Pada akhir tahun 2021, Dito bersama Raffi Ahmad, dan juga CEO Prestige Motor, Rudy Salim berkolaborasi membentuk dan membesarkan Rans Sport. Dito kini menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC.

3. Tim Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia

Pada April 2022, Dito dipercaya untuk masuk ke dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia. Dito merupakan anggota tim ahli yang termuda dari 7 anggota lainnya.

4. Pernah Menjadi Ketua Umum AMPI

Tahun 2017 hingga 2022 Dito sempat menjabat sebagai Ketua Umum pada salah satu organisasi kepemudaan ternama yaitu AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia). Bersama AMPI, Dito membangun ruang kreatif bernama Open Lab yang diresmikan pada Desember 2017 oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

5. Kader Partai Golkar

Sebelumnya, Dito Ariotedjo merupakan kader Partai Golkar periode 2016-2021. Dalam partai, ia dipercaya menjadi Ketua DPP Partai Golongan Karya Bidang Inovasi Sosial dan Ormas. Hal ini turut menjadikannya sebagai Ketua Bidang termuda sepanjang sejarah partai berlambang pohon beringin tersebut.

Saat ini, Dito juga dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Lembaga Inovasi dan Kreativitas DPP Partai Golkar.(da)