Berikut Profil Dito Ariotedjo Menpora Baru Pengganti Zainudin Amali

Ditto Ariotedjo (ist)
Ditto Ariotedjo (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) -  Presiden Jokowi akan melantik Ario Bimo Nandito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Zainudin Amali pada hari ini, senin (3/4)

Ario Bimo Nandito Ariotedjo, seorang aktivis sosial politik dan pengusaha muda Indonesia, telah dilirik untuk menjadi Calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia. Nama Dito Ariotedjo, begitu ia biasa dipanggil, menjadi sorotan karena latar belakangnya yang beragam dan keaktifannya di berbagai bidang.

Lahir di Jakarta pada 25 September 1990, Dito Ariotedjo merupakan anak bungsu dari pasangan Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo. Ia memiliki dua kakak, Aryo Prakoso Ariotedjo dan Dwi Lestari Pramesti Ariotedjo. Dito menikah dengan Niena Kirana Riskyana pada 2018 dan dikaruniai seorang putri cantik bernama Sadia Kiera Nadashana.

Selain aktif di organisasi pemuda, Dito juga memiliki karier di bidang olahraga dan bisnis. Sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), organisasi pemuda yang berada di bawah partai Golkar, Dito Ariotedjo memimpin ribuan anggota muda dalam berbagai kegiatan sosial dan politik.

Di bidang olahraga, Dito Ariotedjo pernah menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina. Ia juga pernah menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta dan saat ini menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022-2023 serta bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL).

Di sisi bisnis, Dito Ariotedjo merupakan pengusaha muda yang sukses. Bersama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor, Dito mendirikan Rans Sport pada 2021 lalu. Ia juga masuk ke dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia sejak April 2022.

Kehadiran Dito Ariotedjo sebagai Calon Menpora diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam pengembangan olahraga dan pemuda di Indonesia. Sebagai seorang pemuda yang aktif dan berpengalaman, Dito Ariotedjo diyakini mampu memperjuangkan hak-hak pemuda dan meningkatkan prestasi olahraga di Indonesia.(da)