Perihal Polemik Kedatangan Timnas Israel, Heru Budi Hartono: Itu Urusan PSSI

PJ Gubernu DKI Jakarta (ist)
PJ Gubernu DKI Jakarta (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono tak ingin menanggapi polemik kehadiran timnas Israel sebagai peserta Piala Dunia U20 2023 di Indonesia. Untuk diketahui, Timnas Israel menjadi satu dari lima wakil Eropa yang tampil di Piala Dunia U20 2023. Adapun empat negara lainnya yakni Prancis, Italia, Slovakia, dan Inggris.

"Itu urusan PSSI," ujar Heru Budi di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (27/3/2023). Sikap Heru Budi yang terkesan mengambang berbeda dengan para pejabat daerah lain, seperti Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang secara tegas menolak kehadiran timnas Israel.

Selain Ganjar, Gubernur Bali Wayan Koster juga menolak kehadiran Israel karena dinilai tidak sesuai dengan kebijakan politik Indonesia. Sebagai informasi, Piala Dunia U20 akan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

PSSI dan pemerintah tengah berusaha agar Piala Dunia U20 2023 berjalan lancar, termasuk menerima kedatangan timnas Israel sebagai peserta. Serangkaian penolakan ini tentu berkaitan dengan komitmen Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina yang dijajah oleh Israel.

(da)