Beda dengan Ganjar, PSI Tak Masalah Timnas U-20 Israel Main di RI

Wakil Ketua Umum PSI Andy Budiman (ist)
Wakil Ketua Umum PSI Andy Budiman (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menegaskan sikap konsisten mendukung kemerdekaan Palestina sebagai negara berdaulat penuh yang hidup berdampingan secara damai dengan Israel. PSI menilai tak ada persoalan dengan terkait timnas sepakbola Israel bermain di Indonesia.

"Sikap ini sesuai Pembukaan UUD 1945 bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa, oleh sebab itu penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Terkait rencana kehadiran Timnas Israel pada Piala Dunia U-20, PSI setuju dengan sikap Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama (PBNU) bahwa tidak masalah timnas Israel bertanding di Indonesia.

Kedatangan timnas Israel sama sekali tidak akan merugikan Palestina karena ini masalah olahraga semata," kata Wakil Ketua Umum PSI Andy Budiman dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/3/2023).

Andy menyatakan perhelatan Piala Dunia U-20 adalah urusan olahraga yang diatur FIFA. Sebagai tuan rumah, semestinya Indonesia mengikuti peraturan dan keputusan FIFA.

Bila menolak aturan FIFA, akan merugikan sepakbola Indonesia dan puluhan juta pencinta sepakbola. "Toh, kedatangan tim sepakbola Israel tidak mengganggu dan mengubah sikap dasar politik luar negeri kita yang mendorong dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina," lanjut Andy.

Bahkan PSI mendorong Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI meningkatkan peran diplomasi, baik bilateral maupun multilateral, demi kemerdekaan Palestina dan penghapusan penjajahan. Timnas U-20 Israel diketahui menjadi salah satu dari 24 peserta Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia. Turnamen ini akan diselenggarakan pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

Sikap PSI tak masalah dengan timnas Israel berbeda dengan bakal capres yang mereka usung, Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menolak tim Israel bermain di Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan di Indonesia.

"Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok, dan maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat beliau," kata Ganjar, Jumat (24/3/2023).

Ganjar juga menyoroti perlakuan Israel terhadap Palestina. Dia menegaskan mendukung dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

"Karenanya, penting bagi kita untuk tetap menyuarakan dukungan kita kepada perjuangan Palestina merdeka," jelasnya.