Berikut Profil Puteri Komarudin Sosok yang Dikaitkan Soal Calon Menpora

Puteri Komarudin (ist)
Puteri Komarudin (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menko Perekonomian Airlangga Hartanto menyebut sosok calon Menpora adalah perempuan. Apakah sosok yang dimaksud adalah Putri Komarudin? Berikut profil sang politisi muda Golkar tersebut.

Seperti telah diketahui, nama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang baru pengganti Zainudin Amali masih ditunggu publik.

Sebab sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat memberikan bocoran soal calon Menpora baru tersebut.

Presiden Jokowi sempat menyebut jika calon Menpora yang baru pengganti Zainudin Amali adalah sosok muda.

Hal ini juga diperkuat oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto yang mengatakan jika sosok muda yang sudah dia serahkan ada dua orang.

Kali ini Airlangga kembali memberikan bocorannya soal siapa sosok muda yang akan menjadi Menpora baru.

Sebelumnya, ada tiga nama kader Partai Golkar yang disebut-sebut akan menggantikan Zainudin Amali di posisi menpora.

Tiga nama itu dikabarkan telah disetor Golkar ke Jokowi setelah Amali mengundurkan diri.

Ketiga orang itu adalah Ketua Umum Pimpinan Pusat Angkatan Muda Partai Golkar (PP AMPG) Ilham Permana, Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Dito Aritedjo, dan anggota Komisi XI DPR RI dari Partai Golkar Puteri Komarudin.

Jika merujuk pada pernyataan Airlangga bahwa calon menpora adalah perempuan, tentu akan jatuh ke nama Puteri Komarudin.

Perempuan bernama lengkap Puteri Anetta Komarudin merupakan sosok yang inspiratif, sebab dirinya kini belum berusia 30 tahun namun sudah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Puteri lahir pada 21 Agustus 1993 di Kota Bandung. Kini Puteri mewakili Daerah Pemilihan Jawa Barat VII (Kab. Bekasi, Karawang, dan Purwakarta) sebagai Anggota Parlemen dari Partai Golkar untuk periode 2019-2024.

Perempuan yang lahir di tanah Pasundan ini merupakan alumnus University of Melbourne dan mendapat gelar Bachelor of Commerce pada 2015.

Tak main-main Puteri juga sempat mengambil program HBX CORe : Credential of Readiness di Harvard Business School untuk program studi Analisis Bisnis Ekonomi untuk Manajer serta Akuntansi Keuangan.

Puteri tak pernah lelah berkiprah di berbagai kegiatan prestisius seperti Y20. Ia merupakan Ketua Delegasi Indonesia untuk Y20 Italia 2021.

Ia juga memperoleh predikat Top 6 Lulusan Young Leaders of Indonesia (YLI) Wave 7 yang diselenggarakan oleh McKinsey Indonesia.

Sebelum menjadi politisi, Puteri berkarier sebagai Pengawas Bank Asing di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan hingga pada 2018 memutuskan untuk terjun ke politik.

Ia kemudian bergabung dengan Golkar dan aktif dalam berbagai kegiatan partai. Ia dipercayai untuk mengemban jabatan i  Ketua Bidang Keuangan dan Pasar Modal di Dewan  Pimpinan  Pusat  (DPP)  Partai  Golkar.

Puteri melalui dukungan partainya juga berhasil terpilih menjadi anggota parlemen  dari Partai Golkar untuk periode 2019-2024 dengan total perolehan 70.164 suara.

Usai dilantik menjadi Anggota Komisi XI DPR RI, Puteri berkiprah di bidang Perbankan, dan Perencanaan Pembangunan Nasional.