Ramaikan Ramadhan 1444 H, Pasar Takjil di Bendungan Hilir Kembali Dibuka

Irma (53) salah satu pedagang Pasar Takjil Benhil merapikan dagangannya saat ditemui di Jakarta pada Kamis (23/3/2023)
Irma (53) salah satu pedagang Pasar Takjil Benhil merapikan dagangannya saat ditemui di Jakarta pada Kamis (23/3/2023)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pasar takjil (makanan berbuka puasa) di Bendungan Hilir (Benhil) Jakarta Pusat, Kamis, kembali dibuka bertepatan 1 Ramadhan 1444 Hijriah dengan menyediakan lebih dari 50 lapak untuk para pedagang.

"Keunikan pasar takjil Benhil ini kan hanya ada saat Ramadhan, jadi pembeli dari seluruh penjuru Jakarta berbondong-bondong datang ke sini untuk mencari makanan pembuka yang khas seperti oncom dan lontong isi ayam," kata Eka Luthfiana (27) atau yang akrab dipanggil Bibah, pedagang asal RW 1, Kelurahan Benhil.

Pedagang sudah mulai berdatangan sejak pukul 13.00 WIB, dan seluruh lapak sudah lengkap terisi berbagai rupa jajanan mulai dari oncom, risoles, bakwan, hingga makanan berat seperti gudeg, ayam bakar, dan masakan padang pada pukul 15.00 WIB.

Berbagai makanan dan minuman tersebut berjajar rapi dalam wadah yang diletakkan di atas meja. Para pembeli juga tidak perlu khawatir kepanasan atau kehujanan karena lapak para pedagang dinaungi tenda.

Irma (43), penjual takjil yang juga berasal dari RW 1 mengatakan, makanan favorit yang sering dicari pembeli biasanya aneka gorengan dan bubur sumsum.

Pasar Takjil kali ini memang mengutamakan pedagang yang berasal dari RW 1, Kelurahan Benhil. Seluruh pedagang difasilitasi oleh panitia dari RW 1 dan Kelurahan Benhil.

Selain itu, pedagang juga diwajibkan menyediakan pembayaran via QRIS. Namun, di hari pertama Ramadhan, belum seluruh kios bisa menerima pembayaran dengan QRIS.

Bibah berharap, pemerintah dapat melihat potensi kuliner yang ada di Benhil ini, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM lokal.

Salah seorang pembeli, Bambang (53) asal Kalibata, Jakarta Selatan mengatakan, berbagai jajanan dan masakan yang ditawarkan sudah memiliki ciri khas, tetapi akan lebih baik apabila area berjualan bisa lebih diperluas untuk kenyamanan pembeli.

Bagi pengunjung yang ingin berburu takjil di Benhil, dapat langsung datang tepatnya di depan Polsek Metro Tanah Abang, Polsub Sektor Bendungan Hilir.

Sedangkan bagi pengguna kendaraan umum, untuk angkutan kota (angkot) dapat mengambil rute JAK 08 rute Roxy - Benhil atau Jak 54 Grogol - Benhil. Sedangkan untuk Transjakarta, bisa turun di halte Bendungan Hilir, kemudian berjalan kaki sekitar 700 meter menuju Polsek Metro Tanah Abang.(pa)