BMKG Sebut Cuaca di Wilayah Bengkulu Berpotensi Hujan Selama Ramadhan

Ilustrasi: Hujan lebat
Ilustrasi: Hujan lebat

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pulau Baai Bengkulu menyebutkan bahwa selama Ramadhan 1444 Hijriah atau dari Maret hingga April 2023 wilayah tersebut masih terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Hujan diperkirakan masih terjadi sampai April dan pada Mei akan terjadi penurunan curah hujan karena memasuki kemarau pertama," ujar Kepala Stasiun Klimatologi Pulau Baai Bengkulu Klaus Johanes Apoh Damanik di Kota Bengkulu, Kamis.

Selain terjadi hujan hingga intensitas, wilayah Bengkulu juga berpotensi terjadi petir dan angin kencang yang berdurasi singkat.

Ia mengatakan bahwa dengan cuaca panas pada siang hari dan mendung pada sore hari merupakan kondisi yang normal terjadi di Provinsi Bengkulu.

Oleh karena itu, Damanik meminta agar masyarakat Bengkulu waspada bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang dan lainnya akibat curah hujan dengan durasi lama.

Dia juga meminta agar masyarakat untuk memantau informasi dari BMKG agar terhindar dari berita-berita tidak benar atau hoaks yang membuat warga panik dan cemas.

Sebelumnya, BMKG menjelaskan bahwa perubahan suhu dari panas hingga mendung dalam satu hari di wilayah Bengkulu disebabkan adanya pembentukan awan konvektif.

Kasi Data dan Informasi BMKG stasiun Pulau Baai Bengkulu Anang Anwar menerangkan dari gerak semu matahari posisinya berada di atas garis khatulistiwa sehingga penerimaan intensitas cahaya matahari di wilayah khatulistiwa akan semakin besar.

"Sehingga membuat konvektifitas atau daya angkat vertikal udara di wilayah Bengkulu semakin besar dan pembentukan awan-awan konvektif juga semakin besar," katanya

Selain itu, topografis wilayah Bengkulu sangat mendukung dengan adanya samudera Hindia dan Bukit barisan proses terjadinya awan konvektif tersebut.

Suhu tertinggi yang tercatat di BMKG Bengkulu yaitu 34.0 celcius dan suhu terendah sekitar 22.9 celcius, sedangkan suhu rata-rata wilayah Bengkulu berkisar 27-30 derajat celcius.(ar)