BPBD DKI Mencatat Terjadinya Kenaikan TMA dari Status Waspada ke Siaga 3 di Dua Pintu Air

Ilustrasi Monumen Nasional
Ilustrasi Monumen Nasional

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mencatat terjadinya kenaikan Tinggi Muka Air (TMA) dari status waspada ke siaga 3 di dua lokasi pintu air yaitu Pintu Air Karet dan Pintu Air Manggarai pada Rabu (15/3) dini hari.

Berdasarkan kronologis yang terpantau lewat akun twitter @BPBDJakarta, TMA di Pintu Air Karet pada Rabu pukul 00.00 WIB tercatat berada pada ketinggian 400 cm dengan kondisi cuaca mendung. Kenaikan TMA terjadi pada pukul 01.00 WIB yakni pada ketinggian 460 cm menyusul kondisi waspada menuju siaga 3.

Selanjutnya pada pukul 02.00 WIB, TMA di Pintu Air Karet mengalami kenaikan hingga 470 cm dengan kondisi hujan dan status siaga 3. Beberapa wilayah dengan antisipasi kemungkinan terdampak yaitu Kota Bambu Utara, Kota Bambu Selatan, Grogol, Kalianyar, Karet Tengsin, Jati Pulo, Tomang, dan Petamburan.

Sementara itu kondisi ketinggian air di Pintu Air Manggarai juga terpantau mengalami kenaikan. Pada pukul 00.00 WIB TMA mencapai 750 cm dengan kondisi gerimis dan status normal. Lalu pada pukul 01.00 WIB tercatat kenaikan TMA hingga 770cm dengan kondisi mendung dan siaga 3.

Antisipasi wilayah yang kemungkinan terdampak adalah Gondangdia, Grogol, Jati Pulo, Kalianyar, Karet Tengsin, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Menteng, Petamburan, dan Tomang.

Dalam keadaan darurat, masyarakat dapat memberikan informasi melalui layanan call center Jakarta Siaga di nomor 112.(ra)