Jadi Tuan Rumah Piala dunia U20, Ini Target Erick Thohir

Erick thohir sampaikan target untuk timnas Indonesia U20 di piala dunia u20 (ist)
Erick thohir sampaikan target untuk timnas Indonesia U20 di piala dunia u20 (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menargetkan Timnas U-20 Indonesia lolos dari penyisihan grup Piala Dunia U-20 yang digelar mulai 20 Mei mendatang.

“(Target) tanya Coach Shin Tae-yong, tetapi kalau saya sudah menargetkan timnas bisa lolos grup,” kata Erick Thohir menjawab pertanyaan media selepas meninjau Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali, Minggu (12/3/2023).

Erick Thohir menyatakan bahwa saat ini Uzbekistan dan Irak telah mengamankan tiket untuk mewakili Asia dalam Piala Dunia U20 di Indonesia. Namun, ia tetap optimistis bahwa timnas sepak bola U20 Indonesia dapat mencapai prestasi dalam kompetisi sepak bola tingkat dunia selama ada persiapan yang konsisten dan matang.

“Yang sekarang lolos AFC (Piala Asia U-20) untuk main Piala Dunia itu Uzbekistan dan Irak. Itu satu grup sama tim Indonesia,” ujar Erick lagi.

Ia menyampaikan timnas U20 Indonesia di Piala Asia U-20 mampu menahan imbang Uzbekistan 0-0, tetapi sempat kecolongan dua gol saat menghadapi Irak.

“Kita mungkin belum panas, mesin diesel. Jadi kecolongan 2-0, tetapi kita sama Syria (Suriah, red.) menang 1-0. Sekarang yang lolos Uzbekistan dan Irak, tinggal satu lagi kita tunggu,” kata dia.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menilai bahwa Timnas U-20 menunjukkan peningkatan performa setelah melakoni tiga pertandingan Grup A Piala Asia U20 di Uzbekistan. Meskipun demikian, Indonesia tersingkir dari Piala Asia U20 setelah kalah selisih gol dari Irak, meskipun kedua tim sama-sama mengantongi 4 poin dari tiga laga. Irak lolos ke perempat final Piala Asia U20 2023 bersama pemuncak klasemen Grup A Uzbekistan yang berpoin tujuh dari tiga pertandingan.

Indra menyatakan bahwa Timnas U-20 akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan sebagai persiapan mengikuti Piala Dunia U-20.

Saat ini 24 negara telah dipastikan akan berpartisipasi dalam Piala Dunia U20, yaitu Indonesia selaku tuan rumah, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Fiji, Selandia Baru, Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Gambia, Nigeria, Senegal, Tunisia, Uzbekistan, Korea Selatan, Irak, dan Jepang.

Tahapan pengundian (official drawing) Piala Dunia U20 akan dilakukan di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Art Center, Denpasar, Bali pada 31 Maret 2023. Erick Thohir berharap timnas dapat mendapatkan grup yang bagus dalam pengundian tersebut.