PPP dan PBB Bakal Bertemu, Bahas Koalisi

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra. (ant)
Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra. (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra akan melangsungkan pertemuan dengan jajaran Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Kantor DPP PPP pada Senin siang.

"Betul, di kantor DPP PPP (Jalan) Diponegoro. PBB dipimpin langsung Pak Yusril," kata Ketua Majelis Pertimbangan PPP Muhammad Romahurmuziy dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (13/3/2023).

Rommy menyebut bahwa pertemuan PPP dengan PBB merupakan silaturahmi antarpartai politik. Namun, ia tak menampik bahwa dalam pertemuan tersebut akan membahas pula soal kemungkinan koalisi dengan PBB.

"Dengan sendirinya pasti ada, terlebih sebagai sesama parpol berbasis Islam," imbuhnya.

Termasuk, lanjut dia, pembicaraan akan dilakukan pula menyangkut pandangan PBB yang mendukung penerapan kembali sistem proporsional tertutup.

"Pak Yusril tentu juga bertukar pikiran sehubungan pandangan PBB yang pro sistem pemilu proporsional tertutup," ujarnya.

Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor membenarkan pula pertemuan yang akan digelar oleh PPP bersama PBB pada Senin siang.


"Benar. Jalin silaturahmi dan koordinasi soal Pemilu 2024," katanya.

Termasuk, kata Afriansyah, PBB juga akan membuka pembahasan soal koalisi dengan PPP dalam rangka menghadapi kontestasi Pemilu 2024.

"Pasti juga soal koalisi dan lain-lain, soal kesamaan sebagai partai Islam," ujarnya.

Afriansyah menyebut akan menyerahkan pada jalannya pembicaraan terkait kemungkinan koalisi, apakah PPP yang akan menarik PBB untuk bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), ataukah PBB yang justru akan menarik keluar PPP untuk melabuhkan pada koalisi baru.

"Semua bisa terjadi tergantung kesepahaman kita, jadi bisa semua terjadi lihat pembicaraan nanti," ucapnya.

Sebelumnya, Selasa (7/3), Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono mengatakan bahwa partainya dalam waktu dekat akan melangsungkan pertemuan dengan PBB.

“Mungkin waktu dekat ini ada kita bertemu kunjungan antarparpol tapi mungkin ke PBB, dengan Pak Yusril. Saya kabari, dalam waktu dekat ini,” kata Mardiono. (rk)