PSSI Berencana Beli VAR yang Terpasang di 6 Stadion Piala Dunia U-20 2023

Video Assistant Referee (VAR) akan terpasang di enam stadion perhelatan Piala Dunia U20 2023 (ist)
Video Assistant Referee (VAR) akan terpasang di enam stadion perhelatan Piala Dunia U20 2023 (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Video Assistant Referee (VAR) akan terpasang di enam stadion perhelatan Piala Dunia U20 2023 yang berlangsung pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023 di Indonesia.

Keenam stadion tersebut adalah Stadion Kapten I Wayan Dipta, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Utama Gelora Bung Karno, dan Stadion Gelora Sriwijaya.

Perangkat VAR akan terpasang di enam stadion tersebut setelah International Football Association Board (IFAB) memastikannya beberapa waktu lalu. VAR yang dipakai Piala Dunia U20 2023 akan memakai teknologi terbaru.

Kehadiran VAR di turnamen tersebut dikomentari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, saat melakukan kunjungan ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Minggu (12/3/2023) sore WIB.

Erick menyebut bisa saja PSSI membeli peralatan VAR yang akan digunakan di Piala Dunia U20 2023. Namun hal tersebut masih tergantung kesepakatan dengan FIFA.

"Rezeki anak soleh. Nanti akan ada peralatan VAR yang terpasang di enam stadion. Siapa tahu kami bisa langsung beli daripada dicopot, nanti dipasang lagi. Itu kan kalau bisa," ujar Erick Thohir.

Nantinya, FIFA yang akan memasang dan mengoperasikan VAR tersebut. Namun, belum diketahui kapan peralatan VAR akan terpasang di seluruh stadion yang digunakan di Piala Dunia U20 2023.

"Tanggalnya nanti belum tahu," beber pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut.

Rencananya, perwakilan FIFA akan datang ke Indonesia pada 21-27 Maret mendatang, untuk mengunjungi enam stadion tersebut dan dilakukan pengecekan terakhir.

Masih terkait VAR, pelatih Bali United, Stefano Cugurra, sempat berkomentar. Jika seandainya diterapkan di Indonesia, dia ingin agar orang-orang yang berkompeten untuk mengoperasikan VAR.

"Ya tergantung siapa yang bekerja di balik VAR. Di banyak negara, masih ada masalah dalam pengoperasian VAR. Seperti di negara saya Brasil, kadang pertandingan berhenti untuk melihat VAR," bebernya.

"Banyak negara di Eropa sana, keputusan wasit cepat saat melihat VAR dan tidak kehilangan momentum dalam pertandingan."

"Mudah-mudahan waktu VAR diterapkan disini, bisa lebih bagus. Tergantung dari siapa yang melihatnya nanti," tutup Teco.