David, Korban Penganiayaan Anak Pejabat Jalani Terapi dengan Musik Metal

David, Korban Penganiayaan Anak Pejabat Jalani Terapi dengan Musik Metal (ist)
David, Korban Penganiayaan Anak Pejabat Jalani Terapi dengan Musik Metal (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Sebelumnya, David dikabarkan sudah dapat merespon beberapa hal dan tengah menjalani sejumlah terapi. Beberapa respons yang dapat dilakukan David adalah pendengaran dan penglihatan. Di sisi lain, respon kontak dan mengikuti perintah masih berada di proses pemulihan awal. 

Untuk merangsang respons tersebut, terapi musik pun menjadi salah satu pilihan yang disarankan oleh dokter. Hal itu dikonfirmasi oleh sang paman, Rustam Hatali. 

"Untuk membantu responsnya itu diputarkan musik yang dia suka, dengar yang metal, yang ada selawat, yang suka dia dengar, dokter minta untuk dibiasakan untuk didengarkan," ujar Rustam seperti dikutip dari Kompas. 

Musik metal memang menjadi favorit bagi David. Sang ayah yang sekaligus juga merupakan pengurus Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Jonathan Latumahina, menyebut David terbiasa tidur dengan musik metal yang keras. Justru, apabila dalam keadaan normal, David dapat terbangun ketika musik metal yang ia dengarkan dimatikan, Kawula Muda! 

Karena keakraban David dengan musik metal tersebutlah, dokter berharap hal itu dapat membantu pemulihan David terutama dari sisi emosi. 

“Dia masih emosional, karena itu merupakan memori terakhirnya dia, dia berasa untuk marah, namun dia terakhir sudah cukup tenang,” tambah sang paman. 

Lebih lanjut, Rustam pun bercerita bahwa David pernah membuka mata walau belum sadar sepenuhnya. David bahkan memberikan reaksi emosional, yakni kemarahan dan sempat memberontak. “Sudah melihat tapi belum mengenal siapapun. Bahkan dia belum mengenali orang tuanya." 

Di sisi lain, David juga tengah menjalani sejumlah fisioterapi. Hal itu dilakukan dengan menggerakkan tangan dan kakinya walau masih tetap di ICU. 

Selain itu, David juga kerap diposisikan duduk agar terbiasa untuk membuka mata. "Kami mencoba memosisikan posisi David untuk duduk atau letting down agar dia terbiasa untuk membuka mata, karena walaupun masih di ICU terus respons," terang Rustam.

David menjadi korban penganiayaan oleh mario dandy satryo pada Senin (20/2) malam di sebuah perumahan di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Akibat penganiayaan tersebut, David harus dirawat intensif di rumah sakit (RS).

Tersangka Mario Dandy dan Shane Lukas ditahan di ruang tahanan Polda Metro Jaya. Sedangkan mantan pacar David, AG, yang merupakan pacar Mario Dandy resmi ditahan di Lembaga Penyelenggara Kesejahteraan Sosial (LPKS) selama kurun 7 hari. AG ditahan agar tidak melarikan diri, menghilangkan barang bukti dan mengulangi perbuatan pidana.