Dirut PSM Respons soal Regulasi Baru Juara Liga 1 Gunakan Format Playoff

Dirut PSM Makasar (ist)
Dirut PSM Makasar (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Liga 1 musim 2023/2024 akan menerapkan aturan baru dengan menggunakan format playoff untuk menentukan tim juara. Direktur Utama PSM Makassar, Sadikin Aksa mengatakan, aturan tersebut masih sebatas wacana.

"Semua hasil diskusi kemarin itu masih bersifat masukan. Ini yang perlu diluruskan, sarasehan kemarin itu sangat positif buat semua, kami merasa dihargain oleh federasi (PSSI)," kata Sadikin kepada detikSulsel, Selasa (7/3/2023).

Sadikin menilai, Sarasehan Sepak Bola Nasional PSSI Bersama Klub Liga 1 dan Liga 2 pada Sabtu (4/3) lalu, merupakan hal yang positif. Menurutnya, ini menjadi langkah awal yang bagus PSSI di bawah kepemimpinan Erick Thohir.

"Ini yang perlu diluruskan, sarasehan itu merupakan gagasan pak ketua Erick Thohir dimana pemilik/pengelola klub Liga 1 dan Liga 2 diajak diskusi untuk industri sepak bola ke depan, dan ini yang pertama kali diadakan. Kami sangat apresiasi karena kami diajak berdiskusi," terangnya.

Adapun soal hasil diskusi, Sadikin mengatakan, akan didetailkan terlebih dahulu dan diputuskan bersama klub, operator liga, dan federasi.

"Adapun hasil diskusi itu semua akan dibuat tim PMO yang akan mendetailkan semua hasil diskusi. Dan akan difinalkan bersama dengan PSSI dan di putuskan di rapat exco," jelasnya.

Sadikin belum memutuskan apakah mendukung regulasi baru di liga 1 musim depan. Menurutnya akan lebih baik untuk menunggu keputusannya ke depan.

"Belum diputuskan, karena ini masih bersifat hasil diskusi," tegasnya.

Diketahui, Liga 1 musim mendatang bakal unik karena juara kompetisi tidak akan ditentukan langsung dari pemuncak klasemen pada akhir kompetisi. Empat tim teratas masih akan diadu lewat zona playoff atau sistem knock-out.

Formatnya adalah posisi satu diadu dengan posisi empat, kemudian tim di posisi dua melawan tim yang finish di posisi tiga. Sementara tim peringkat satu dan dua dalam klasemen berhak menjadi tuan rumah.

Pemenang akan melaju ke final yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Untuk fase awal, kompetisi akan tetap berjalan secara penuh double round-robin, atau kandang-tandang.