Shin Tae-yong Beberkan Penyebab Kekalahan Timnas Indonesia U-20

indonesia u20 vs irak u20 (ist)
indonesia u20 vs irak u20 (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Timnas Indonesia U-20 tak berdaya menghadapi Irak pada laga perdana Grup A Piala Asia U-20 2023. Bertanding di Tashkent, Uzbekistan, Rabu 1 Maret 2023. Timnas Indonesia U-20 kalah 0-2.  Dua gol ke gawang Indonesia masing-masing dikemas oleh Hayder Abdulkareem pada menit ke-28 dan Mohammed Jameel (90+6').

Mirisinya, kekalahan itu dialami Indonesia ketika Irak bermain dengan 10 pemain. Sebab, pemain Irak Charbel Shammon dikartu merah di pengujung babak pertama.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membeberkan penyebab timnya kalah pada laga tersebut. Salah satunya adalah finishing atau penyelesaian akhir.

"Pada pertandingan ini memang kami tidak bisa mencetak satu pun gol meski kami banyak mendapatkan peluang. Ini yang harus kami tingkatkan," kata Shin. Kedua, Shin menyebut penyebab kekalahan timnya lantaran strategi yang ia terapkan tak berjalan. Ada perbedaan yang signifikan antara pemain inti dan cadangan.

"Pada babak kedua, kami perlu mengembangkan permainan dengan mengubah strategi dan merotasi pemain," jelas Shin. "Hanya saja ada perbedaan perfoma antara pemain utama dan pemain pengganti di lapangan. Ini juga harus kami evaluasi.

Ketiga, Shin menyebut pemainnya menyebut pemainnya kerap kehilangan konsentrasi pada momen-momen krusial. "Saya pikir kami bermain baik di babak pertama, tapi saya tidak mengerti kenapa kami tidak bisa melakukannya di babak kedua," jelasnya.

"Faktor cuaca bukan alasan kami menelan kekalahan ini, tetapi para pemain para pemain kehilangan fokus selama pertandingan," tambahnya. Kekalahan ini membuat Indonesia berada di klasemen sementara Grup A Piala Asia U-20 2023 tanpa perolehan poin. Selanjutnya, Garuda Nusantara akan menghadapi Suriah pada Sabtu 4 Maret 2023 mendatang