BMKG: Sebagian Besar Wilayah Sulut Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem

Ilustrasi: Hujan lebat
Ilustrasi: Hujan lebat

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Utara berpotensi dilanda cuaca ekstrem.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," sebut Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle di Manado, Kamis.

Dia menyebutkan hari ini cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Selanjutnya di Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro), Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Keesokan harinya, cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Di hari yang sama, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

"Kami berharap warga tetap waspada, melakukan mitigasi mandiri ketika terjadi cuaca ekstrem. Waspadai terhadap kemungkinan terjadi banjir, tanah longsor serta pohon tumbang sambil terus memanfaatkan informasi yang kami sediakan," ujarnya.

Ben menambahkan padaawal-awal bulan Maret ini potensi terjadi hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Sulut masih memungkinkan.

"Terpantau kondisi dinamika atmosfer masih mendukung sehingga menyebabkan hujan sedang hingga lebat," katanya.(ap)