PJMI Rilis Program ‘Sejuta Jurnalis Masjid’ di Masjid Umar Bin Khattab

“Program ini diluncurkan guna memberi wawasan jurnalistik kepada komunitas masjid. Terutama sekali dalam memanfaatkan media sosial, sehingga mereka mampu membuat berita atau konten yang benar dan menarik,” kata Ketum PJMI Ismail Luthan pada Sabtu (25/2/2023).
“Program ini diluncurkan guna memberi wawasan jurnalistik kepada komunitas masjid. Terutama sekali dalam memanfaatkan media sosial, sehingga mereka mampu membuat berita atau konten yang benar dan menarik,” kata Ketum PJMI Ismail Luthan pada Sabtu (25/2/2023).

Gemapos.ID (Jakarta) - Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI) menggelar pelatihan jurnalistik bagi pengurus masjid bertajuk ‘Sejuta Jurnalis Masjid’ di Masjid Umar Bin Kattab, Jatinegara, Jakarta Timur (Jaktim) pada Sabtu (25/2/2023).

Tidak hanya pengurus masjid yang mengikuti acara ini, tetapi para remaja dan komunitas masjid yang dibawakan oleh para wartawan yang tergabung dalam PJMI. 

Acara Sejuta Jurnalis Masjid kali pertama dilaksanakan oleh PJMI, sehingga acara di Masjid Umar Bin Khattab sekaligus peluncuran ini yang akan berlangsung di berbagai masjid di wilayah Jabodetabek. 

Ketua Umum (Ketum) PJMI, Ismail Luthan, mengemukakan kegiatan Sejuta Jurnalis Masjid sebagai salah satu program unggulan yang sedang diselenggarakan organisasinya. 

“Program ini diluncurkan guna memberi wawasan jurnalistik kepada komunitas masjid. Terutama sekali dalam memanfaatkan media sosial, sehingga mereka mampu membuat berita atau konten yang benar dan menarik,” katanya pada Sabtu (25/2/2023).

Sebanyak 30 peserta dibatasi mengikuti pelatihan jurnalistik Sejuta Jurnalis Masjid di Masjid Umar Bin Khattab supaya bisa berjalan secara efektif. Dari kegiatan ini mereka terlihat antusias mengikuti materi terutama fotografi dan video. 

Materi-materi lainya adalah Orientasi Pelatihan oleh MY Gunawan, Pengantar Jurnalistik oleh Ismail Lutan, Teknik Menulis Rilis Berita oleh W. Suratman, dan Teknik Fotografi dan Video oleh Setyohadi.

Hal menarik lainnya adalah pemberian materi radio streaming oleh seorang penyandang disabilitas tuna rungu, Toto. 

Untuk penguatan wawasan dan semangat menjadi seorang jurnalis dibawakan oleh wawasan dan semangat wartawan senior PJMI Turyadi dan Saifidin Zuhri.

Pelatihan Sejuta Jurnalis Masjid dihadiri Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Umar Bin Khattab Ustad Ajad, Sekretaris Gerakan Subuh Berjamaah Kecamatan Jatinegara Ustad Sulaiman, dan Penasihat PJMI Fikri Thalib. 

Ustad Sulaiman meminta secara khusus acara berikutnya dilakukan dalam wilayahnya yang direspon Pengurus PJMI akan diagendakan nantinya. 

Penanggungjawab program Sejuta Jurnalis Masjid, Setyohadi mengemukakan inti dari materi pelatihan ini adalah video jurnalis dan fotografi. Pasalnya, ke depan jurnalis akan lebih didomenasi oleh video dan foto yang bisa bercerita. 

“Materi ini sangat disukai remaja. Karena mereka sudah akrab dengan gadget namun belum bisa membuat konten yang bagus. Belum paham teknik fotografi yang baik,” tuturnya.

Program Sejuta Jurnalis Masjid akan berlanjut ke berbagai wilayah Jabodetabek yakni Masjid Darul Ittihad Bekasi, Masjid Safiah Nur Ramadhan, Tangerang Selatan (Tangsel), dan Masjid At Taqwa Ujung Harapan, Islamic Center Bekasi. 

“Program ini akan terus bergulir sepanjang tahun, bukan saja di Jabodetabek tetapi juga di daerah,” ujarnya. (moc)