Jokowi Sebut Zainudin Amali Sudah Mundur Secara Informal

Zainudin Amali Mundur (gemapos)
Zainudin Amali Mundur (gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sudah menyampaikan pengunduran diri dari jabatannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menyusul, terpilihnya Amali sebagai Wakil Ketua Umum I, dalam Kepengurusan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023 – 2027 di bawah kepemimpinan Erick Thohir. 

Namun Jokowi mengatakan, pengunduran diri sebagai Menpora RI baru disampaikan Amali secara informal kepadanya. Belum ada surat pengunduran diri yang disampaikan secara tertulis kepadanya.

“Secara resmi belum. Tertulis belum, informal sudah,” ujar Jokowi melalui keterangan persnya kepada wartawan, Selasa (21/2/2023).

Sehubungan belum adanya pengunduran diri yang disampaikan secara formal, Jokowi mengatakan saat ini dirinya belum mempersiapkan Menpora pengganti Amali.  “Gantinya nanti kalau sudah ada resminya baru saya bicara,” ucapnya.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali mengaku dirinya sudah menyampaikan keinginannya untuk fokus mengurus sepak bola tanah air, usai dirinya dipercaya terpilih sebagai jajaran petinggi PSSI. Akan tetapi, politikus Partai Golkar ini tak menegaskan lebih lanjut soal pembicaraannya dengan Jokowi, sekaligus mengajukan pengunduran diri sebagai menteri.

“Dan saya sampaikan kepada Pak Presiden, ‘Bapak, saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola, menjadi pengurus PSSI’ dan itu dipahami oleh beliau,” kata Amali melalui pernyataan persnya, Senin (20/2/2023).