Ahmad Muzani Ajak Masyarakat Teladani Jasa Pahlawan

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani saat berziarah ke makam pahlawan nasional di Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jumat (17/2/2023). (ant)
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani saat berziarah ke makam pahlawan nasional di Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jumat (17/2/2023). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengajak masyarakat meneladani jasa para pahlawan nasional sebagai bentuk tanda penghormatan.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (18/2/2023), Muzani mengatakan dengan meneladani jasa-jasa para pahlawan, maka hal itu menjadi pengingat bagi masyarakat Indonesia untuk terus memperjuangkan cita-cita para pendiri bangsa.

Muzani melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional Raja Haji Fisabilillah dan Raja Ali Haji di Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jumat (17/2).

"Alhamdulillah berkesempatan ziarah ke makam pahlawan nasional, Raja Haji Fisabilillah dan makam Raja Ali Haji, penyair fenomenal abad 19 yang puisinya sangat terkenal dengan pasal-pasal Gurindam," kata Muzani.


Pertama, Muzani terlebih dahulu berziarah ke makam Pahlawan Nasional Raja Haji Fisabilillah, yang namanya diabadikan sebagai nama Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, hingga nama masjid di Selangor, Malaysia.

Kedua, dia berziarah ke makam Pahlawan Nasional Raja Ali Haji, yang dikenal sebagai Bapak Bahasa Indonesia. Raja Ali Haji merupakan pencatat pertama dasar-dasar tata Bahasa Melayu lewat bukunya berjudul Pedoman Bahasa, yang kemudian menjadi cikal bakal Bahasa Indonesia.

Raja Ali Haji juga merupakan pengarang gubahan Gurindam 12 yang kini tercatat sebagai Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Muzani melakukan ziarah bersama dengan rombongan usai melaksanakan ibadah salat Jumat di Masjid Raya Sultan Riau, Pulau Penyengat, yang didirikan tahun 1832 dan sempat menjadi benteng pertahanan bagi penjajah Belanda masuk ke wilayah tersebut. (pu)