Karena Gangguan Pasokan di Turki, Harga Minyak Naik Tipis Untuk Hari ke-4

Ilustrasi: Tambang Minyak Mentah
Ilustrasi: Tambang Minyak Mentah

Gemapos.ID (Jakarta) - Minyak naik tipis di awal perdagangan Asia pada Kamis pagi, memperpanjang kenaikan untuk hari keempat berturut-turut, karena gangguan pemuatan minyak mentah di Turki dan optimisme atas pemulihan permintaan China terus meningkatkan sentimen.

Minyak mentah berjangka Brent menguat 14 sen atau 0,2 persen, menjadi diperdagangkan di 85,26 dolar AS per barel pada pukul 02.39 GMT. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS bertambah 11 sen atau 0,2 persen, menjadi diperdagangkan di 78,58 dolar AS per barel.

Kedua harga acuan tersebut telah naik lebih dari 6,0 persen sejauh minggu ini.

BP Azerbaijan mengumumkan force majeure pada pengiriman minyak mentah Azeri dari pelabuhan Turki Ceyhan pada 7 Februari setelah gempa besar melanda Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023) pagi. Bencana tersebut telah menghentikan operasi di Ceyhan dan mengganggu aliran minyak mentah dari Irak dan Azerbaijan.

Harapan untuk pemulihan permintaan yang cepat dari China juga mendukung harga minyak karena konsumen minyak terbesar kedua di dunia itu mengakhiri lebih dari tiga tahun kebijakan nol-COVID yang ketat, yang melibatkan penguncian di seluruh kota dan pengujian massal pada Desember.

"Kami terus memperkirakan sanksi yang terkait dengan konflik Ukraina-Rusia, dan pembukaan kembali China menjadi pendorong harga utama dalam 12 bulan ke depan, di mana kenaikan harga minyak kemungkinan besar terjadi hingga semester kedua 2023," kata analis dari NAB Commodities Research dalam sebuah catatan.

Namun, meningkatnya persediaan minyak mentah di Amerika Serikat memberikan tekanan pada keuntungan minyak. Stok naik minggu lalu ke level tertinggi sejak Juni 2021 menjadi 455,1 juta barel.(pu)