Berikut Alasan Ivan Gunawan Bangun Masjid di Uganda

Penampakan Ivan Gunawan dan masjidnya di Uganda (ist)
Penampakan Ivan Gunawan dan masjidnya di Uganda (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ivan Gunawan mengisahkan awal mula dirinya membangun sebuah masjid di Uganda yang kemudian diberi nama Masjid Indonesia.

Kepada Eko Patrio di kanal YouTube milik komedian itu yang rilis pada Kamis (2/2) malam, Ivan mengaku bahwa pada awalnya memang ia memiliki janji atau nazar ke dirinya sendiri untuk membangun masjid.

"Jadi begini, saya kan pernah punya nazar 'gue ingin punya masjid', tapi dari kemarin prosesnya pas mau bikin masjid di Indonesia itu enggak ketemu titiknya," kata Ivan kala ditanya Eko mengapa memilih di Uganda.

Hingga kemudian, Ivan mengaku menemukan unggahan di Instagram dari sebuah lembaga amal soal kesulitan air bersih di Uganda. Tertarik dengan unggahan itu, Ivan kemudian bertanya soal anggaran pembangunan sumur air di negara Afrika tersebut.

Setelah menyumbang dana untuk membangun sumur dan benar dilaksanakan di Uganda, Ivan kemudian menemukan unggahan lagi dari lembaga tersebut soal kondisi masjid di Uganda.

"Di Uganda, mereka salat di bawah ranting-ranting. Enggak ada sajadah, jadi di atas tanah itu ditaruh daun-daun begitu. Saya tanya (lembaga amal itu), karena saya kan emang ingin bikin masjid," kata Ivan.

"Saya tanya, 'kalau mau bikin masjid, kurang lebih estimasi bujet berapa?' Dan ya sudah, dia kasih angka, terus sudah begitu saya kirim (uang) di hari itu juga," lanjutnya.

Ivan mengaku bersyukur menemukan lembaga amal yang ia nilai hingga saat ini masih amanah dalam menjalankan titipannya tersebut.

"Masjidnya pun terjadi, dan saya kirim desain dari Indonesia, saya minta sahabat saya yang dekor rumah saya, sebuah desain masjid, jadinya saya pakai desain itu," kata Ivan.

"Menurut teman saya di Uganda, satu-satunya masjid yang warna putih itu ya punya saya. Karena di sana masjid warnanya oranye, shocking pink, hijau, kuning. Karena saya maunya masjid itu warna putih," lanjutnya.

"Jadinya saya kasih nama itu Masjid Indonesia," kata desainer tersebut.

Ivan menyebut masjid tersebut sebenarnya sudah diresmikan dengan sejumlah kegiatan, seperti sembelih dua ekor sapi yang kemudian dimasak dan dinikmati sekitar 1.000 warga setempat.
Kegiatan peresmian masjid tersebut pun sempat diunggah oleh Ivan Gunawan ke akun media sosialnya, termasuk soal tampak luar dari masjid yang berdesain minimalis tersebut.