Nunung Srimulat Akui Idap Kanker Payudara, Begini Katanya

Nunung Srimulat (ist)
Nunung Srimulat (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Nunung mengaku bahwa dirinya mengidap kanker payudara. Penyakit itu baru diketahui olehnya baru-baru ini, di tengah usaha Nunung juga mengobati penyakit yang sudah ia miliki sebelumnya.

Kepada Ruben Onsu di kanal YouTube MOP Channel, Nunung menyebut dirinya sudah rutin periksa setiap bulan untuk penyakit yang ia miliki. Namun suatu kali ada temuan baru.

"Sebetulnya sebelum didiagnosa sama dokter, saya sudah ada riwayat penyakit ya, yang mungkin selama ini tidak saya ceritakan," kata Nunung dalam video yang tayang Rabu (1/2) malam.

"Nah tiba-tiba ada sakit baru yang didiagnosa, ada kanker payudara. Ya pasti saya sedih, saya sedih tapi saya enggak boleh marah," lanjutnya.

"Saya cuma, 'ya Allah ujian apa lagi yang harus saya jalani?' Tapi saya percaya Allah akan memberikan yang terbaik untuk saya," kata mantan pemain Srimulat tersebut.

"Jadi dalam [kondisi] saya masih harus menyembuhkan penyakit-penyakit saya yang ada, tiba-tiba ada diagnosa baru lagi, saya kena kanker," lanjut Nunung.

Untuk saat ini, Nunung menyebut sudah melakukan biopsi atau pengambilan sampel jaringan tubuh untuk memeriksakan kondisi kanker tersebut.

Selain itu, Nunung juga sudah menjalani pemeriksaan berupa pengambilan foto kondisi paru-parunya untuk melihat penyebaran dari penyakit mematikan tersebut.

"Ya mudah-mudahan sih masih tetap (tidak menjalar)," kata Nunung.

Kondisi ini diakui Nunung menambah beban pikirannya. Nunung selama ini dikenal menjadi tulang punggung keluarga besarnya, seperti pengakuannya kala tertangkap atas kasus narkoba pada 2019.

Namun kondisi kanker dan sederet penyakit lain yang diderita Nunung memaksa dirinya memulangkan keluarga besarnya ke Solo dan meminta mereka untuk berjuang mencari penghasilan sendiri.

"Untuk saat ini memang saya lagi fokus untuk diri saya, makanya saya kasih pengetahuan ke keluarga besar saya yang ada di Jakarta, saya pulangkan ke Solo semua," kata Nunung.

"Saya minta ke mereka, 'untuk saat ini kalian mau enggak mau, bisa enggak bisa kalian harus usaha, apa lah'," lanjutnya.

"Sekarang kan ada jualan online, ada jualan makanan, [saya bilang] 'pokoknya kalian harus ada pemasukan karena kalian tahu sendiri, Bunda lagi fokus dan ada penyakit baru lagi buat bunda'," paparnya.

Nunung merupakan salah satu komedian yang dikenal luas setelah bergabung dengan Srimulat pada dekade '80-an. Namanya semakin cemerlang setelah ikut Srimulat ke Jakarta untuk tampil di Taman Ria dan TVRI.

Setelah kejayaan Srimulat di Jakarta menurun, Nunung bersama sejumlah pelawak Srimulat lainnya pun eksis dengan karier pribadi masing-masing, serta sempat terjerat sejumlah kasus.

Nunung pernah tersandung kasus narkoba, yakni sabu, pada 2019. Kala itu, Nunung kedapatan memesan dua gram sabu dan divonis 1,5 tahun penjara. Kasus itu memperpanjang deretan kasus narkoba yang menjerat para pemain eks-Srimulat.