Kasus Kedua Covid-19 'Kraken' Ditemukan di Tangsel

Pcr(ist)
Pcr(ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan temuan kasus kedua Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 alias 'Kraken' ditemukan di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Pasien merupakan perempuan berusia 47 tahun.

"Domisili Pamulang, Tangsel. 31 Januari 2023 terdeteksi kraken XBB.1.5," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi lewat pesan singkat, Rabu (1/2).

Dia mengatakan temuan itu berdasarkan hasil laboratorium polymerase chain reaction (PCR) serta whole genome sequences (WGS).

Nadia menuturkan pasien yang terdeteksi terinfeksi subvarian Kraken itu sudah mendapatkan vaksin Covid-19 sebanyak tiga kali.



"Vaksin ketiga tanggal 12 Februari 2022," ujarnya.

Sebelumnya, kasus pertama Covid-19 subvarian 'Kraken' di Indonesia merupakan warga negara Polandia yang berkunjung ke Indonesia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan WNA tersebut masuk ke Indonesia lewat Jakarta pada 6 Januari. Selanjutnya, ia melanjutkan perjalanan ke Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 7 Januari, dengan hasil rapid test negatif.

Namun, pada 11 Januari saat ia mau naik kapal, hasil tes PCR menunjukkan positif Covid-19 dan terkonfirmasi terjangkit subvarian Kraken.

Menurut Budi, memiliki karakter penularan yang cepat, tetapi lemah ketika berhadapan dengan antibodi manusia.