Moeldoko Sebut Usia Satu Abad NU Buktikan Ini

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bersama Deputi IV KSP Juri Ardiantoro pada acara malam Anugerah 1 Abad NU, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa (31/1/2023). (ant)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bersama Deputi IV KSP Juri Ardiantoro pada acara malam Anugerah 1 Abad NU, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa (31/1/2023). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan bahwa Nahdlatul Ulama (NU) sudah membuktikan komitmennya mengawal perjalanan bangsa.

“NU telah membuktikan komitmennya dalam mengawal perjalanan bangsa yang dilakukan sejak sebelum Indonesia merdeka,” kata Moeldoko usai menghadiri Malam Anugerah 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU), di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Selasa (31/1) malam.

Dia mengapresiasi langkah NU memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh dan institusi yang dinilai memberikan kontribusi dalam memperjuangkan peradaban dunia baru.

"Mereka yang mendapat penghargaan terbukti telah ikut menjaga, merawat, dan mengembangkan NU. Merawat dan menjaga NU pada dasarnya adalah merawat Indonesia," kata Moeldoko.

Menurut Panglima TNI 2013-2015 ini, pada usia satu abad, NU memiliki peran penting dalam mengelaborasi berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat, seperti persoalan kesejahteraan, pemenuhan hak-hak dasar, dan perlindungan masyarakat.

"Jejaring struktur NU yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia mampu mengakselerasi penyelesaian persoalan masyarakat," ujar Moeldoko.

Moeldoko berharap peringatan seratus tahun bukan semata perhelatan seremonial NU yang telah hadir dari masa ke masa, melainkan menjadi refleksi yang perlu NU wujudkan ke depan, terutama membangun peradaban dunia yang lebih mulia dan berkeadilan.

Sebagai informasi, Malam Anugerah 1 Abad NU merupakan rangkaian Peringatan 1 Abad NU yang jatuh pada tanggal 7 Februari 2023.

Pemberian anugerah dibagi atas tiga kategori di antaranya Kategori Internasional, Tokoh Nasional, dan Kategori Internal NU yang diberikan kepada institusi atau individu di level nasional hingga global. (pu)