Berikut Pengurus EN-LMND 2022-2024 yang Resmi Dilantik

Pengurus EN LMND 2022-2024. (ist)
Pengurus EN LMND 2022-2024. (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Tim Formatur Eksekutif Nasional Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EN-LMND) menyelenggarakan acara pengukuhan dan pelantikan kepengurusan periode 2022-2024 di Gedung Joang, Jakarta Pusat, pada Minggu (29/1/2023).

Acara pelantikan tersebut turut dihadiri Ketua-Ketua Umum Cipayung Plus dan dibuka oleh Deputi III Kementerian Pemuda dan Olahraga Asroru Niam.

Dalam sambutannya, Ketua Umum EN-LMND Muhammad Asrul mengajak generasi muda dan kelompok gerakan mahasiswa untuk menjadi inisiator dalam mendorong persatuan nasional dan membumikan nilai-nilai Pancasila di semua sektor lini kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai Pancasila, kata dia, harus tertanam kuat ke dalam jiwa kaum muda ditengah polarisasi yang menguat sehingga semangat kebersamaan dan persatuan menyala-nyala dalam hati sanubari setiap orang.

"Semangat Pancasila sebagai solusi atas polarisasi masyarakat. Setiap orang Indonesia harus menjadi manusia Pancasila, dan itu harus dimulai dari kaum muda sebagai calon-calon pemimpin bangsa ini ke depannya," kata Asrul dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin (30/1/2023).

Lebih lanjut, Asrul juga menyinggung situasi global yang tidak menentu akibat krisis dan ancaman resesi ekonomi sebagai imbas dari Covid-19, Perang Rusia-Ukraina yang mengguncang rantai pasok global sehingga terjadi perlambatan pemulihan ekonomi, kelangkaan pangan dan krisis energi. Oleh karena itu, dia mendorong agar pemerintah dapat menumbuhkan daya kreativitas masyarakat serta memberikan perhatian dan perlindungan yang lebih terhadap pelaku usaha kecil dan menengah.

"Dunia juga dihadapkan pada krisis lingkungan, perubahan iklim dan pelanggaran HAM. Pengabaian terhadap krisis ini sama saja pengabaian terhadap masa depan umat manusia. Menunda komitmen untuk masalah ini sama dengan mempersingkat umur manusia dan bumi," kata Asrul.

Selain itu, Asrul mengatakan bahwa momentum politik tahun 2024 membutuhkan keterlibatan kaum muda dan kelompok organisasi mahasiswa. Menurutnya, kaum muda harus hadir dengan ide dan gagasan untuk mengisi kekosongan narasi dari elit-elit politik hari ini.

"Kaum muda harus aktif untuk mengintervensi momentum politik 2024. Masalah yang dihadapi bangsa ini masih banyak, perdebatan politik ke depannya harus diarahkan untuk menjawab masalah dan tantangan bangsa ini, misalnya, ekonomi, pendidikan, demokrasi, HAM, dan lainnya," ucap Asrul.

Oleh karena itu, ia menyampaikan bahwa LMND akan mendorong gerakan ideologisasi dan pendidikan politik secara berkelanjutan kepada anggota LMND seluruh Indonesia, yang nantinya sebagai garda terdepan dalam menghidupkan percakapan publik yang lebih berkualitas.

"Selain itu, ia juga akan mendorong pembuatan blue print pendidikan sebagai usulan dan koreksi atas sistem pendidikan nasional yang belum berpihak kepada rakyat kecil, liberal, dan pragmatis," kata Asrul.

Asrul juga menyampaikan pentingnya kemandirian ekonomi dalam tubuh organisasi mahasiswa. Dalam upaya membangun kemandirian organisasi, kata dia, LMND akan mendorong gerakan satu unit usaha bagi setiap wilayah dan kota di seluruh Indonesia.

"Dalam Kongres IX Makassar, LMND telah berkomitmen untuk menjadikan organisasi ini sebagai organisasi yang modern, mandiri dan terbesar di Indonesia. Di era digital syarat-syarat itu telah ada, tinggal kemauan dan konsistensi dalam mewujudkannya," tegas Asrul.

Adapun susunan kepengurusan Eksekutif Nasional Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EN-LMND) periode 2022-2024 adalah sebagai berikut :

Ketua Umum LMND : Muhammad Asrul

Wakil Ketua Umum I Dalam Negeri : Claudion Kanigia Sare

Staff Wakil : Topan Tri Haryoko

Wakil Ketua Umum II Internasional : Samsudin

Staf Wakil : Emmenina Anastasya

Wakil Ketua Umum III SDA & SDM : Alamsyah

Staf Wakil : Melyuti Setiawan Kebkole

Wakil Ketua Umum IV Perempuan : Findi Alnajia

Staf Wakil : Hadriawati

 

Sekretaris Jenderal LMND : Goldy Herdiyansyah Doelah

Wakil Sekjend Ideologi : Muhammad Arifin Ode

Wakil Sekjend Organisasi : La Jeri

 

Bendahara Umum : Shandy Aulia Nur Laily

Wakil Bendahara Umum : Vikry Erlandy

 

Dep. Agitasi & Propaganda : Fregi Akmal

Anggota : Romi

Dep. Pendidikan & Kaderisasi : Ayub S. Tanjomada

Dep. Kajian & Bacaan : Rahmat Karim 

Anggota : Denny Pri Anggara

Dep. Perluasan Organisasi : Galuh

Anggota : Naufal Dzaky, Andri Prihadi 

Dep. Kebudayaan : Gerald Anggoman

Dep. Badan Usaha : Andaru Wisnu