Jadwal Vaksinasi Dosis Empat di Balai Kota Jakarta Diperpanjang Hingga Februari 2023

Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin dosis empat di Balai Kota Jakarta, Selasa
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin dosis empat di Balai Kota Jakarta, Selasa

Gemapos.ID (Jakarta) - Dinas Kesehatan DKI memperpanjang pelaksanaan vaksinasi dosis keempat (booster kedua) di Balai Kota Jakarta hingga akhir Februari 2023.

"Tak hanya untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), juga menyasar awak media dan masyarakat umum di Balai Kota sepanjang 28 Februari 2023," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Ngabila Salama di Jakarta, Jumat.

Untuk mengakses vaksinasi dosis keempat itu, Nabila menjelaskan, masyarakat cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) seluruh Indonesia untuk pencatatan dan perlu memindai kode baru untuk pendaftaran.

Vaksinasi COVID-19 tersebut diadakan mulai pukul 13.00 hingga 15.00 WIB dengan vaksin merek Pfizer dan Zifivax.

Perpanjangan layanan vaksinasi dosis empat itu untuk mempercepat capaian vaksinasi dosis empat. Selain itu, untuk mengakomodasi minat masyarakat umum untuk vaksinasi dosis empat.

Sebelumnya, layanan itu baru ditujukan bagi ASN dan masyarakat umum usia 18 tahun ke atas mulai Selasa 24 Januari hingga Jumat 27 Januari 2023 di Balai Kota dan lima kantor wali kota administrasi.

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI mencatat sekitar 15.000 orang usia 18 tahun ke atas sudah divaksin dosis empat selama tiga hari pada 24-26 Januari 2023 di DKI Jakarta.

Dinkes DKI mendata sudah 190.606 orang divaksin dosis empat hingga 27 Januari 2023.

"Jumlah itu masih jauh dari yang diharapkan, mungkin beberapa sudah disuntikkan duluan tetapi belum masuk datanya ke sistem karena belum memiliki tiket dosis empat sehingga belum bisa diinput petugas," katanya.

Selain di Balai Kota, Dinkes DKI Jakarta juga menyediakan sekitar 300 layanan vaksinasi per hari setiap Senin-Minggu. Bahkan sore dan malam hari pukul 16.00-20.00 WIB pada Senin-Jumat di 44 Puskesmas Kecamatan.

Sebanyak 300 lokasi vaksinasi itu tersebar di Puskesmas dan dapat diamati salah satunya melalui akun media sosial Instagram Dinas Kesehatan DKI, yakni di @dinkesdki.(pu)