BMKG: Kawasan Pegunungan di Sumatera Utara Masih Berpotensi Hujan-Angin Kencang

Ilustrasi: Hujan di pegunungan
Ilustrasi: Hujan di pegunungan

Gemapos.ID (Jakarta) - BMKG Wilayah I Medan menyatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di kawasan pegunungan di Sumatera Utara yang diiringi petir dan angin kencang.

"Waspada potensi hujan lebat yang dapat diiringi kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Kepulauan Nias, Lereng Barat, Lereng timur dan Pantai Barat Sumatera Utara pada sore hingga malam hari," kata prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Budi Prasetyo, Senin.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan banyak dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di Kepulauan Nias, Langkat, Medan, Deli serdang, Karo, dan sekitarnya.

Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah sumatera utara. Hujan lebat berpotensi di wilayah Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah Tapanuli Utara, Mandailing Natal, Langkat, Binjai, Humbang Hasundutan dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Kepulauan. Nias, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara,, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Samosir, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Selatan, Asahan, dan sekitarnya.

Pada dini hari berpotensi hujan ringan di wilayah Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara,, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara 18.0 hingga 31.0 derajat Celcius, kelembapan udara 65 – 98 persen dan angin berhembus dari   utara – timur dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Peringatan dini  dan waspada potensi hujan lebat yang dapat diiringi kilat / petir dan angin kencang di wilayah Kepulauan Nias, Lereng Barat, Lereng timur dan pantai barat Sumatera Utara pada sore hingga malam hari, demikian Budi Prasetyo.(ri)