Puluhan Kelenteng Diamankan Jelang Perayaan Imlek di Bangka

Apel pengamanan perayaan Imlek 2574 Kongzili di Bangka. (ant)
Apel pengamanan perayaan Imlek 2574 Kongzili di Bangka. (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kepolisian resor Bangka Polda Kepulauan Bangka Belitung mengamankan 24 kelenteng atau rumah ibadah umat Konghucu di daerah itu yang menjadi pusat perayaan Imlek 2574 Kongzili.

Kabag Ops Polres Bangka Kompol Capt Yordansyah melalui keterangan resmi, Sabtu (21/1/2023) mengatakan, tercatat 24 kelenteng tersebar di sejumlah tempat yang menjadi fokus pengamanan perayaan Imlek 2574 Kongzili pada Minggu (22/1).

Untuk memaksimalkan pelayanan pengamanan perayaan Imlek kata dia, sebanyak 81 personel polisi disiapkan yang akan bergabung dengan personel TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja, setiap klenteng akan dijaga beberapa orang personel polisi.

"Selain menjaga keamanan di setiap klenteng yang ditetapkan, personel polisi juga melakukan patroli di beberapa tempat yang dianggap rawan dan tempat strategis masyarakat merayakan Imlek," jelas dia.


Yordansyah mengajak seluruh lapisan masyarakat di wilayah hukum Polres Bangka bersama-sama menjaga dan menciptakan kondisi yang aman dan terbit serta saling menghargai satu dengan yang lain.

"Ciptakan keamanan dan kenyamanan bagi saudara-saudara kita yang merayakan Imlek sehingga terwujud pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di tengah - tengah masyarakat," kata dia.

Dia menyarankan masyarakat jika mengetahui ada ancaman dugaan pelanggaran hukum segera melapor ke kepolisian terdekat supaya segera dilakukan tindakan.

Meskipun masyarakat di Kabupaten Bangka terdiri dari berbagai suku dan agama, namun toleransi dan saling menghormati antar warga atas keyakinan masing - masing tetap terjaga dengan baik. (pu)