Pada 2022, PT Rajawali Nusindo Telah Mendistribusikan 63 Ribu Ton Minyak Goreng

Minyak Gorek merek Minyakita yang dijual pada kegiatan operasi pasar gelaran Pemprov Jatim untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru 2022
Minyak Gorek merek Minyakita yang dijual pada kegiatan operasi pasar gelaran Pemprov Jatim untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru 2022

Gemapos.ID (Jakarta) - PT Rajawali Nusindo Member of ID FOOD yang bergerak di bidang perdagangan dan distribusi telah menyalurkan 63 ribu ton minyak goreng sepanjang 2022 melalui 43 cabang yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Direktur Utama PT Rajawali Nusindo, Iskak Putra di Jakarta, Jumat, mengatakan pada 2022 pihaknya juga memperkuat ekosistem pangan nasional melalui komitmen pendistribusian komoditas pangan lainnya.

“Selama tahun 2022 Rajawali Nusindo telah mendistribusikan beras rania premium sebanyak 512 ton, gula bulk 8 ribu ton, gula kemasan 5 ribu ton, minyak goreng curah 51 ribu ton, minyak goreng kemasan 12 ribu ton. Selain itu, distribusi garam 250 ton, margarine 41 ton dan tepung terigu sebanyak 46 ton” ujar Iskak.

Secara keseluruhan, sepanjang 2022, PT Rajawali Nusindo berhasil melakukan penjualan sebesar Rp4,69 triliun, meningkat dibanding tahun sebelumnya yang sebesar Rp4,2 triliun.

Penjualan tersebut terdiri dari 53,36 persen food dan 46,6 persen non-food. Sedangkan SDM yang dimiliki perusahaan saat ini 67 persen berasal dari millennial atau karyawan yang berusia di bawah 40 tahun.

Iskak menambahkan Rajawali Nusindo juga memperluas distribusi melalui channel MTKA (Modern Market Key Account) dan MTI (Modern Trade Independent) seperti supermarket dan minimarket dengan total jangkauan sebanyak 33 ribu outlet di seluruh Indonesia pada tahun 2022. Rajawali Nusindo juga menjalin kerja sama dengan berbagai toko grosir, toko ritel, pedagang tradisional untuk melakukan proses penyaluran produk pangan tersebut.

Upaya perluasan distribusi tersebut, lanjutnya, sejalan dengan arahan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam upaya menjamin ketersediaan pangan domestik.

“Sebagai anak perusahaan dari BUMN Pangan ID FOOD, Rajawali Nusindo siap memasok bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat termasuk pemenuhan produk melalui distribusi di beberapa titik wilayah Indonesia” tutur Iskak.

Tak hanya itu, Rajawali Nusindo juga memperkuat bisnis di bidang klaster pangan untuk mendukung ketahanan pangan nasional melalui Nushinushi.ID. Sepanjang 2022, segmen penjualan e-commerce tersebut telah melakukan 19 ribu transaksi dan meningkat 231 persen dari tahun sebelumnya.

Nushinushi.ID telah bekerjasama dengan Blibli, Shopee, Tokopedia, Bukalapak serta platform e-commerce besar lainnya untuk memudahkan masyarakat dalam membeli kebutuhan pokok dan dengan harga lebih terjangkau.

“Dengan begitu, sebagai bagian dari ID FOOD, Rajawali Nusindo terus berupaya memajukan pangan Indonesia melalui berbagai transformasi dan inovasi dari hulu-hilir,” kata Iskak.(ap)