Ijtima Ulama Nusantara Mandatkan Cak Imin Menangkan PKB di 2024

Wakil Sekretaris Dewan Syuro PKB Maman Imanulhaq (tengah) memberikan keterangan pers di Jakarta, Sabtu (14/1/2023). (ant)
Wakil Sekretaris Dewan Syuro PKB Maman Imanulhaq (tengah) memberikan keterangan pers di Jakarta, Sabtu (14/1/2023). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ijtima Ulama Nusantara memberikan mandat agar Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memenangkan partai tersebut pada Pemilu Serentak 2024.

"Memberikan mandat penuh kepada Gus Muhaimin dalam menentukan arah dan kebijakan PKB, terutama dengan target 100 kursi di DPR RI," kata Wakil Sekretaris Dewan Syuro PKB Maman Imanulhaq di Jakarta, Sabtu (14/1/2024).

Dia menjelaskan rekomendasi lainnya ialah Ijtima Ulama Nusantara akan menjadi forum yang mewadahi seluruh kiai dan nyai serta para da'i di seluruh Indonesia yang peduli terhadap perpolitikan nasional.

"Forum ini menjadi tempat bersilahturahmi, termasuk juga adu gagasan dan pikiran demi kemajuan Indonesia," tambahnya.


Anggota DPR RI itu juga menegaskan semua peserta Ijtima Ulama Nusantara menjadi juru kampanye nasional untuk pemenangan PKB. Forum juga akan terus mengawal program-program yang diperjuangkan oleh Fraksi PKB di DPR RI.

"Forum merekomendasikan fraksi PKB di DPR mengawal undang-undang tentang kesejahteraan ibu dan anak," jelasnya.

Selain itu, Ijtima Ulama Nusantara merekomendasikan agar PKB tetap memperjuangkan politik para kiai soal kemaslahatan, perlindungan terhadap anak, penghentian kekerasan seksual terhadap perempuan, termasuk juga transparansi keuangan negara.

"Kami ingin menciptakan sebuah proses demokrasi yang kondusif," ujarnya.

PKB menggelar Ijtima Ulama Nusantara di salah satu hotel di Jakarta pada Jumat (13/1) dan Sabtu. Acara yang digagas Dewan Syura DPP PKB itu mengambil tema "Ulama Bangkit Bersatu Menjaga Indonesia". Ijtima tersebut dibuka langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Jumat. (rk)