Sipon, Istri Aktivis dan Penyair Wiji Thukul Meninggal Dunia

Mbak Pon dan Wiji Thukul dalam unggahan Wahyu Susilo. Foto : Instagram/wahyususilo
Mbak Pon dan Wiji Thukul dalam unggahan Wahyu Susilo. Foto : Instagram/wahyususilo

Gemapos.ID (Jakarta) - Istri dari penyair sekaligus aktivis Wiji Thukul, Siti Dyah Sujirah alias Sipon meninggal dunia, Kamis (5/1).

Kabar tersebut dikonfirmasi Mantan Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara yang ia terima dari Wahyu Susilo, adik dari Wiji Thukul.
"Sugeng tindak mbak Pon. Semoga ketemu kang mas Thukul," tulis Wahyu.

Wahyu juga meminta kepada kedua anak Wiji Thukul dan Sipon, yakni Fajar Merah dan Fitri Nganthi Wani untuk bersabar atas berpulangnya ibu mereka.
"Fajar Merah dan Nganthi Wani tabah ya," ujarnya.

Menurut informasi yang diperoleh Gemapos  dari pihak keluarga, dua putra Wiji Thukul, Fajar Merah dan Fitri Nganthi Wani saat ini baru mengurus kepulangan jenazah Sipon dari rumah sakit. Adapun pemakaman jenazah Sipon, kemungkinan dilaksanakan Jumat, 6 Januari 2023. 

Kamis sekitar pukul 15.00 WIB, warga telah memasang tenda untuk persiapan prosesi pemakaman itu. Beberapa warga juga tampak berdatangan untuk bertakziah. 

"Siang tadi saya dapat kabar kalau tiba-tiba beliau (Sipon) kena serangan jantung dan dilarikan ke rumah sakit, tapi tidak tertolong. Saat ini anak-anak beliau mungkin masih di rumah sakit untuk mengurus kepulangannya," ujar Direktur Eksekutif Migrant Care itu. 

Ditanya tentang riwayat sakit Sipon sebelumnya, Wahyu mengatakan tidak mengetahui secara pasti bahwa Sipon memiliki riwayat sakit jantung. Namun dia membenarkan bahwa Sipon pernah harus diamputasi kakinya karena penyakit gula yang dideritanya.

Menurut Wahyu, kemungkinan jenazah almarhumah baru akan dimakamkan Jumat, 6 Januari 2023. "Kalau biasanya untuk keluarga kami pemakaman di Purwoloyo (Tempat Pemakaman Umum Purwoloyo, Pucangsawit, Jebres, Solo)," kata Wahyu.

Wiji Thukul merupakan sastrawan dan aktivis hak asasi manusia (HAM). Thukul merupakan salah satu tokoh yang ikut melawan penindasan rezim Orde Baru. Sejak 1998 sampai sekarang dia tidak diketahui rimbanya, dinyatakan hilang dengan dugaan diculik oleh militer.(da)