RIP Pele, Dunia Kehilangan Pemain Sepak Bola Terhebatnya

Pele sang raja sepak bola dunia (ist)
Pele sang raja sepak bola dunia (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pele meninggal dunia pada Kamis (29/12/2022) atau Jumat (30/12/2022) dini hari WIB di Rumah Sakit di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, dalam usia 82 tahun.

Sebelumnya, pemilik nama lengkap Edson Arantes do Nascimento tersebut telah menjalani perawatan dalam beberapa pekan terakhir untuk berjuang sembuh dari kanker usus yang dideritanya sejak 2021.

Meninggalnya Pele menjadi kabar duka mendalam bagi dunia, tak hanya untuk pelaku sepak bola semata, tetapi juga dunia. Keanggunan, keatletisan, dan gerakan ajaib Pele yang memukau akan menjadi warisan abadi bagi dunia olahraga, khususnya sepak bola.

Ada satu rekor Pele yang hingga saat ini tidak mampu disamai ataupun dipecahkan. Rekor Pele tersebut mungkin tidak akan pernah dipecahkan dalam puluhan tahun ke depan.

Mendiang Pele meninggalkan banyak warisan hebat di dunia sepak bola. Banyak rekor yang diciptakan legenda yang memiliki nama lengkap Edson Arantes do Nascimento itu.

Pele tampil di empat Piala Dunia: 1958, 1962, 1966 dan 1970 dan menjadi juara di Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970. Hanya di Piala Dunia 1966 di Inggris Pele gagal menjadi juara setelah Brasil gagal lolos fase grup.

Rekor tiga gelar Piala Dunia milik Pele sangat sulit dipatahkan dan masih bertahan hingga saat ini. Pemain muda berstatus bintang saat ini macam Kylian Mbappe dan Julian Alvarez juga kemungkinan besar sulit mematahkan rekor itu.

Pele dianggap sebagai salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa.  Segudang prestasi telah diraih oleh legenda sepak bola Brasil ini. Ia merupakan satu-satunya pemain yang memenangkan Piala Dunia tiga kali, pada edisi 1958, 1962 dan 1970.

Pele membuktikan kemampuannya di umur 17 tahun kepada dunia ketika membantu timnas Brasil meraih juara Piala Dunia pada 1958.

Berkat hal tersebut, Pele mendapat julukan O Rei, alias Sang Raja.(da)