Penyebab Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia Sulit Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022

Aksi Ricky Kambuaya di laga Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022.(ist)
Aksi Ricky Kambuaya di laga Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022.(ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Media Vietnam, The Thao 247, menyebut Timnas Indonesia sulit lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Anggapan itu muncul karena Timnas Indonesia hanya menang 2-1 atas tim lemah Kamboja pada Jumat, 23 Desember 2022 sore WIB.

Dalam pandangan The Thao 247, selisih gol merupakan hal penting dalam perjalanan lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Terbukti, Timnas Indonesia saat ini hanya menempati posisi tiga klasemen Grup A Piala AFF 2022, meski mempunyai poin yang sama dengan Thailand di posisi satu dan Filipina di tempat kedua.

Thailand saat ini memuncaki klasemen Grup A Piala AFF 2022 dengan tiga poin dan selisih gol +5. Sementara Filipina yang sudah melakoni dua pertandingan, menempati posisi dua klasemen dengan koleksi tiga angka dan selisih gol +3.

Selisih gol merupakan tolok ukur utama ketika ada dua tim atau lebih mempunyai poin sama. Karena itu, The Thao 247 meremehkan kans Timnas Indonesia lolos ke empat besar Piala AFF 2022.

“Di kandang sendiri, Indonesia cuma meraih kemenangan tipis 2-1 atas Kamboja. Ini merupakan pertandingan pembuka skuad asuhan Shin Tae-yong,” tulis The Thao 247.

“Timnas Indonesia terlalu banyak menyia-nyiakan peluang. Menang tipis melawan Kamboja menempatkan Indonesia pada posisi yang kurang menguntungkan dalam perebutan tiket semifinal Piala AFF 2022,” lanjut The Thao 247.

Namun, penilaian The Thao 247 bisa jadi salah. Selisih gol takkan berarti banyak jika Timnas Indonesia menyapu bersih empat laga di fase grup dengan kemenangan.

Jika sanggup mengalahkan Brunei, Thailand dan Filipina, Timnas Indonesia akan finis sebagai juara grup. Karena itu, wajib bagi skuad asuhan Shin Tae-yong menyapu bersih semua laga.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan terbang ke Malaysia. Sesuai jadwal, Timnas Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam pada Senin, 26 Desember 2022 pukul 17.00 WIB.(da)