Bak Pahlawan, Wajah Lionel Messi Bakal Dicetak di Mata Uang Argentina

Foto Messi pada mata uang Argentina(ist)
Foto Messi pada mata uang Argentina(ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Lionel Messi dikabarkan masuk daftar pertimbangan ikon mata uang Argentina, Peso setelah La Pulga berhasil membawa La Albiceleste menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar, 18 Desember 2022 lalu. Keberhasilan Timnas Argentina tentu tidak lepas dari peran luar biasa Messi.

Tercatat pemain Paris Saint Germain itu telah mengantongi 7 gol dan tiga assist dari tujuh pertandingan di turnamen empat tahunan tersebut.

Menurut laporan Sport Bible dari media lokal Argentina, El Financiero. Pejabat pengaturan keuangan Argentina tengah mempertimbangkan menaruh wajah Lionel Messi di uang kertas pecahan 1.000 peso sebagai bentuk dari perayaan kemenangan Timnas Argentina di Piala Dunia 2022.

“Argentina sedang mempertimbangkan untuk menempatkan Lionel Messi pada uang kertas mereka. Pejabat badan pengatur keuangan mereka ingin menandai kemenangan bersejarah Piala Dunia negara mereka,” tulis laporan Sport Bible, Kamis 22 Desember 2022.

Dalam laporan tersebut terlampir desain mata uang yang ingin dikeluarkan sebagai bentuk penghormatan kepada pemain kelahiran Rosario itu.

Tampak pada sisi depan uang kertas itu wajah Lionel Messi serta peta geografis Argentina dan lambing matahari yang biasa ditemui di bendera negara tersebut. Kemudian, di sisi kanan mata uang kertas terdapat tanda tangan dan nama Lionel Messi. Di bawah nama Messi tertulis ‘Kapten Tim Nasional Argentina’ dalam Bahasa Spanyol yang merupakan Bahasa resmi Argentina.

Di sisi belakang, terdapat gambar skuad Timnas Argentina tengah merayakan kemenangan mereka setelah mengalahkan Prancis di pertandingan final Piala Dunia 2022 dan Lionel Messi sedang mengangkat trofi bergengsi tersebut. Direktur Bank Sentral Argentina, Eduardo Hacker dan Lisandro Cleri dikabarkan tidak keberatan dengan desain uang kertas baru itu. Ia berharap desain tersebut dapat menyatukan dan membangkitkan semangat orang Argentina.

Kemenangan ini tentu sangat spesial untuk Argentina mengingat terakhir kali mereka menjuarai Piala Dunia pada 36 tahun lalu atau tepatnya pada 1986.(da)