Wapres Dukung Panglima TNI Yudo Lebih Tegas Atasi KKB di Papua

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin memberikan penjelasan terkait dengan hasil Rapat Pleno KNEKS di Jakarta, Selasa (20/12/2022). (ant)
Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin memberikan penjelasan terkait dengan hasil Rapat Pleno KNEKS di Jakarta, Selasa (20/12/2022). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mendukung Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melalui jajarannya untuk lebih tegas dalam menindak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

"Memang harus dihadapi dengan lebih tegas lagi," kata Wapres kepada wartawan di Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Sebagaimana disampaikan Presiden RI Joko Widodo dalam pertemuan-pertemuan rapat koordinasi tentang Papua, kata Wapres, Pemerintah akan melakukan pendekatan humanis dan membangun melalui pendekatan teritorial dengan penegakan hukum.

Namun, kata Wapres, karena masih adanya kekerasan-kekerasan yang dilakukan pihak KKB, mungkin ada langkah-langkah yang lebih tegas lagi dalam menghadapi KKB.

Menurut Wapres, langkah lebih tegas itu juga disuarakan banyak pihak demi menjaga dan melindungi masyarakat di Papua.

Wapres menekankan aksi KKB sejatinya hanya terjadi di wilayah tertentu saja, bukan di seluruh Papua.

Berdasarkan kunjungannya ke Papua selama 5 hari belum lama ini, Wapres menegaskan bahwa wilayah Papua secara umum kondusif dan aman.

"Papua itu kondusif dan aman. Saya 5 hari berputar-putar dari Jayapura, Merauke, Timika, Kaimana, sampai ke Biak. Kalaupun ada (KKB) itu sebenarnya di daerah kelompok kecil saja. Memang harus dihadapi dengan lebih tegas," katanya. (dm)