DKI Terapkan Car Free Night Saat Malam Tahun Baru di Sudirman-Thamrin

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo (tengah) memberikan keterangan pers terkait persiapan Natal dan Tahun Baru 2023 di Balai Kota Jakarta, Selasa
Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo (tengah) memberikan keterangan pers terkait persiapan Natal dan Tahun Baru 2023 di Balai Kota Jakarta, Selasa

Gemapos.ID (Jakarta) - Pemprov DKI Jakarta menerapkan kebijakan bebas kendaraan bermotor (car free night) saat perayaan malam Tahun Baru 2023 pada Sabtu (31/12) di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas.

“Kami menerapkan ‘car free night’ mulai pukul 20.00 sampai 02.00 WIB,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Selasa.

Untuk mengantisipasi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dan ingin menikmati suasana malam tahun baru di kawasan itu, Dishub DKI berencana membuka 40 kantong parkir.

Namun, ia belum memberikan rincian titik-titik kantong parkir yang disediakan di dekat Jalan Sudirman-Thamrin.

Rencananya, perayaan malam tahun baru di Jakarta Pusat dipusatkan di Thamrin 10 dan di sepanjang jalan strategis itu akan dibangun panggung hiburan.

Di sisi lain, ia mengimbau kepada masyarakat yang ingin menikmati suasana malam tahun baru di Jalan Sudirman-Thamrin untuk menggunakan transportasi umum.

“Kapasitas (parkir) cukup mumpuni tapi memang kami harap masyarakat yang nantinya berkunjung ke kawasan Sudirman-Thamrin merayakan tahun baru menggunakan layanan angkutan umum,” katanya.

Untuk transportasi TransJakarta misalnya, kata dia, masih tetap melintasi Jalan Sudirman-Thamrin yang menghubungkan koridor 1 dengan rute Blok M-Kota menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Terkait keamanan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menyiapkan 8.000 personel untuk mengawal dan mengamankan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Personel 8.000 lebih, dari kepolisian di seluruh wilayah Jakarta," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan.

Zulpan mengatakan, pengamanan Natal dan Tahun Baru pada tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya karena pemerintah telah mengurangi pembatasan kapasitas di tempat hiburan dan pusat keramaian di Ibu Kota.(ap)