Jabat Panglima TNI, Yudo Margono: Ya, Pasti Banggalah

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bersama Jenderal TNI Andika Perkasa saat memberikan keterangan pers usai Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima TNI di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/12/2022). (ant)
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bersama Jenderal TNI Andika Perkasa saat memberikan keterangan pers usai Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima TNI di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/12/2022). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Laksamana TNI Yudo Margono merasa bangga menjabat sebagai Panglima TNI yang menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun di akhir Desember 2022.

"Pertama, ya, pasti banggalah karena jabatan tertinggi di TNI," kata Yudo usai Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima TNI di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/12/2022).

Kendati demikian, kata Yudo, menjabat sebagai Panglima TNI memiliki tanggung jawab yang besar.

"Tadinya, saya hanya tanggung jawab pada Angkatan Laut, sekarang harus TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut. Tentunya dengan tanggung jawab yang besar tersebut, saya harus lebih konsentrasi lagi, lebih berkoordinasi lagi, lebih solid lagi untuk mewujudkan TNI yang kuat sehingga rakyat bermartabat," kata Yudo.

Yudo mengaku akan konsisten melanjutkan program yang telah dijalankan oleh Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Saya akan konsisten untuk melanjutkan program-program maupun pembangunan yang sudah dilaksanakan oleh Jenderal Andika Perkasa," kata Yudo.

Yudo pun mengucapkan terima kasih atas jasa-jasa Jenderal TNI Andika Perkasa selama menjabat sebagai Panglima TNI.

"Dan ini menjadi kebanggaan bersama dan tentunya nanti akan saya lanjutkan," jelasnya.

Sementara itu, Jenderal TNI Andika Perkasa merasa lega setelah setahun menjabat sebagai Panglima TNI.

"Saya merasa lega. Saya menyudahi dinas aktif saya di TNI sejauh saya berusaha. Penilaian itu bukan punya saya, itu punya setiap orang yang menilai," katanya.

Bagi Andika, yang penting dia bersama istri dan keluarganya sudah menyelesaikan tugasnya sampai akhir.

"Itu saja," kata Andika.

Hadir dalam sertijab itu, antara lain, Menko Polhukam Mahfud MD, Menhan Prabowo Subianto, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua DPR Lodewijk F. Paulus, dan sejumlah anggota Komisi I DPR.

Selain itu, mantan Panglima TNI yang juga Wantimpres Jenderal TNI Purn. Wiranto, mantan Panglima TNI Laksamana TNI Purn. Agus Suhartono, mantan Panglima TNI Laksamana Purn. Widodo AS, dan mantan Panglima TNI Marsekal TNI Djoko Suyanto. (pu)