Szymon Marciniak, Wasit Asal Polandia Bakal Pimpin Partai Final Piala Dunia 2022

Szymon Marciniak wasit asal Polandia (ist)
Szymon Marciniak wasit asal Polandia (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Szymon Marciniak, 41 tahun, dari Polandia akan menjadi wasit pertandingan Argentina vs Prancis di Final piala dunia 2022 pada Ahad malam, 18 Desember 2022 di Stadion Lusail, Qatar. Demikian pernyataan Asosiasi Sepak Bola Polandia pada Kamis, 15 Desember 2022.

Pria 41 tahun itu akan menjadi orang Polandia pertama yang menjadi wasit final Piala Dunia. Marciniak memimpin pertandingan Piala Dunia pertamanya pada 2018 di Rusia. Dalam pertandingan nanti, ia akan bergabung dengan asisten Pawel Sokolnicki dan Tomasz Listkiewicz yang juga dari Polandia.

Abdulrahman Al Jassim dari Qatar ditunjuk untuk menjadi wasit pertandingan perebutan tempat ketiga Kroasia vs Maroko di Stadion Internasional Khalifa pada Sabtu malam, 17 Desember 2022. Dia akan dibantu oleh rekan senegaranya Taleb Al Marri dan Saoud Ahmed Almaqaleh.

Menurut Sport Center, Collina menganggap Marciniak sebagai yang terbaik untuk memimpin final Piala Dunia tahun ini setelah penampilannya yang bagus di Qatar.

Marciniak menjadi wasit dalam kemenangan 2-1 Prancis atas Denmark di babak penyisihan grup dan juga memimpin kemenangan 2-1 Argentina melawan Australia di babak 16 besar.

Lahir di Plock, Marciniak memulai kariernya sebagai wasit pada usia 21 tahun. Kariernya terus menanjak dan diketahui menjadi wasit FIFA sejak 2011.

Marciniak memimpin final Kejuaraan U-21 Eropa UEFA 2015 dan berpartisipasi di Euro 2016 dan Piala Dunia 2018 di level senior.

Namun, wasit asal Polandia itu tidak bisa bertugas untuk Euro 2020, setelah didiagnosis mengalami detak jantung sangat cepat yang disebut tachycardia.

 

Meskipun absen pada Piala Eropa, karier Marciniak tidak mandek. Ia secara teratur dipercaya memimpin pertandingan Liga Champions dan Liga Europa. Kini, ia akan bertanggung jawab atas pertandingan terbesar dalam kariernya dengan memimpin final Piala Dunia 2022.

Sepajang turnamen di Qatar, beberapa wasit mendapat banyak kritik dari pemain, pelatih, pakar, dan pendukung.

Sampaio dikecam oleh beberapa pemain Inggris setelah kekalahan mereka, 1-2, di perempat final melawan Prancis.

Sementara, Lionel Messi dan Emiliano Martinez termasuk di antara mereka yang mengkritik keras Lahoz menyusul kemenangan Argentina di perempat final mereka atas Belanda melalui adu penalti.

Terbaru, Maroko telah mengajukan keluhan resmi ke FIFA menyusul kinerja wasit Ramos saat kalah 0-2 di semifinal melawan Prancis.

Asosiasi Sepak Bola Maroko tidak senang karena kontak yang dilakukan bek Prancis Theo Hernandez terhadap Sofiane Boufal di kotak penalti pada babak pertama tidak diganjar tembakan 11 meter dari titik putih.