1,8 Juta Jiwa DP4 Luar Negeri Pemilu 2024 Diserahkan ke KPU

Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri Siti Nugraha Mauludiah dan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam acara penyerahan DP4 di Kantor KPU RI, sebagaimana dipantau di kanal YouTube KPU RI, Jakarta, Rabu (14/12/2022). (ant)
Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri Siti Nugraha Mauludiah dan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam acara penyerahan DP4 di Kantor KPU RI, sebagaimana dipantau di kanal YouTube KPU RI, Jakarta, Rabu (14/12/2022). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyerahkan daftar WNI yang masuk dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) di luar negeri (LN) untuk Pemilu 2024 berjumlah sebanyak 1.806.714 jiwa kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

“Setelah pemutakhiran dan cleansing data, total data WNI luar negeri yang kami serahkan hari ini sebagai DP4 LN sebanyak 1.806.714 jiwa terdiri atas 1.064.755 perempuan dengan 935 jiwa akan mencapai usia pemilih dan 740.105 laki-laki dengan 990 jiwa yang akan mencapai usia pemilih,” ujar Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri Siti Nugraha Mauludiah dalam acara penyerahan DP4 tersebut, di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Penyerahan DP4 di luar negeri untuk Pemilu 2024 itu ditandai secara simbolis dengan penandatanganan berita acara oleh Siti dan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Lebih lanjut, Siti menyampaikan dalam penyusunan DP4 LN, Kemlu telah melakukan berbagai kegiatan pemutakhiran data WNI luar negeri dengan melibatkan seluruh perwakilan WNI di luar negeri.

Selain itu, kata dia lagi, pemutakhiran data juga didukung penuh oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Dalam melaksanakan pemutakhiran data itu, Kemlu menggunakan portal Peduli WNI sebagai platform pelayanan dan perlindungan WNI di luar negeri. Platform ini telah terintegrasi dengan SIAK Ditjen Dukcapil, SIMKIM Ditjen Imigrasi, dan SISKOP2MI BP2MI,” kata dia lagi.

Siti lalu menyampaikan data WNI di luar negeri yang dinamis membuat Kemlu dan berbagai pihak terkait terus melakukan pemutakhiran data secara berkesinambungan.

Ia pun mengatakan setelah penyerahan DP4 LN itu, Kemlu akan selalu siap mendukung tahapan-tahapan pemilu selanjutnya, seperti pembentukan kelompok kerja pemilu luar negeri di tingkat pusat dan panitia pemilu luar negeri di setiap negara yang ditinggali oleh WNI. (ft)